Sementara Itu

Sekitar dua minggu yang lalu, tiba-tiba saya ditelfon salah seorang sahabat lama saya yang selama ini terlupa dari prioritas hidup saya. Setelah lebih dari dua tahun kami tak berhubungan sama sekali, bahkan di hari besar seperti Idul Fitri, adalah hal yang sangat menyenangkan untuk bicara dengan sahabat sejak kecil, teman mendewasa seperti ini. Nyaris tak ada yang berubah darinya, caranya mengolok-olok saya, caranya menunjukkan kekonyolan-kekoyolannya dan caranya memberikan banyak pandangan hidup dalam bentuk celetukan gila. Kami berbicara seperti saat kami berumur sepuluh tahun, lima belas tahun, hingga kami terpisah kampus dan bertemu sesekali.

Sebagai perantauan, barangkali bertemu dengan teman mendewasa seperti ini lebih manjur daripada bepergian kemanapun sebagai relesing stress. Tidak ada candaan orang-orang kota dan orang-orang daerah lain yang lebih bisa membuat tertawa melebihi candaan dengan teman sekampung halaman. Kami berbicara tentang kekonyolan zaman sd hingga sma, kami bicara tentang rumah dan keluarga hingga sampai pada cita-cita. Tentang apa-apa yang pernah kami jadikan harapan, kami telah sampai padanya di masa sekarang, yang tentu saja, jalan yang telah kami lalui sebagian tak sesuai dengan apa yang dicita-citakan.

Percakapan dengan teman yang sempat terlupa dalam hidup seperti ini menyadarkan saya akan sesuatu. Sejauh apa saya meninggalkan asal, selama apapun saya melewati masa lalu, pada akhirnya hati dan pikiran dalam kepala, tak bisa menghapus segala kenangan di dalamnya. Mereka adalah yang membentuk saya saat ini. Bersama mereka, kadang adalah pelepas penat, refleksi dan katarsis. Saya juga kemudian menyadari hal lain yang ada dalam diri saya, terkadang nasehat kawan lama yang disampaikan dengan celotehan tak berkelas dan penuh tawa, lebih ampuh dari segala tulisan penuh sumber yang dibagikan dalam setiap akun social media. Setidaknya bagi saya begitu.

reminiscing

Malam hujan, ketika sebagian isi kepala sudah dihabiskan oleh tugas akhir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s